Cara Cepat Clean Install (Flash) Custom Rom



Tips kali ini terinsfirasi oleh script yang dibuat oleh seorang senior developer dari forum XDA Brainmaster, dia menciptakan script untuk membersihkan area pada saat melakukan clean install custom ROM. Area mana saja yang dibersihkan oleh script ini, bagi para flash holik pasti sudah tahu area yang dibersihkan yaitu :
  • deletes /sdcard/.android_secure
  • deletes /cache
  • deletes /data/dalvik-cache
  • formats /cache
  • formats /data
  • formats /boot
  • formats /system
Dengan demikian, ketika kita akan melakukan clean install custom ROM kita hanya perlu flash script ini terlebih dahulu lalu flash custom ROM. Untuk pengguna CWM (Clock Work Mod) non touch script ini akan sangat membantu, karena tidak perlu lagi bolak - balik untuk membersihkan area - area diatas. Berikut langkah - langkah penggunaanya :

catatan : saya menganggap anda sudah mengerti dasar - dasar penggunaan custom recovery, jika belum HP anda beresiko kehilangan data boot loop atau bahkan brick jika salah langkah.
  1. Download ROM-Wiper dari sini
  2. Kopi atau simpan file ROM-Wiper pada SDCard jangan di dalam folder (hal ini untuk memudahkan akses ke file script tersebut).
  3. Rename file script ROM-Waper menjadi zROM-Waper (ini untuk lebih memudahkan lagi akses ke file ini, karena secara default CWM menyusun file berdasarkan abjad).
  4. Untuk flash / penginstallan custom ROM baru atau clean Install masuk ke recovery mod kemudian pilih install zip from sdcard.
  5. tekan volum up untuk menuju file terakhir yang ada di sdcard kemudian pilih zROM-Wiper, tunggu hingga proses selesai.
  6. pilih lagi install zip from sdcard untuk penginstallan custom ROM anda dan selamat anda telah melakukan clean install custom ROM.

Semoga bermanfaat,
Tags:

0 komentar

diharap jangan berkomentar secara berulang-ulang dengan kata yang sama dan jangan menempelkan link iklan karena akan masuk spam